Selasa, 09 Juli 2013

Kompetensi dan Kompetensi Dasar Matematika Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidayah

Kelas I

Kompetensi Inti 1:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Inti 2:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

Kompetensi Dasar 2:
Menunjukkan perilaku patuh pada aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai prosedur/aturan dengan memperhatikan nilai tempat puluhan dan satuan.
Menunjukkan perilaku teliti dan perduli dengan menata benda-benda di sekitar ruang kelas berdasarkan dimensi (bangun datar, bangun ruang), beratnya, atau urutan kelompok terkecil sampai terbesar.
Menunjukkan perilaku tertib dan rapi saat berbaris berdasarkan urutan tinggi badan.
Menunjukkan perilaku disiplin tepat waktu dalam melakukan aktivitas di sekolah dengan memperhatikan tanda-tanda saat jam belajar dan jam istirahat.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Mengenal bilangan asli sampai 99 dengan menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
  2. Mengenal bangun datar dan bangun ruang menggunakan benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
  3. Membandingkan dengan memperkirakan lama suatu aktivitas berlangsung menggunakan istilah sehari-hari (lebih lama, lebih singkat).
  4. Membandingkan dengan memperkirakan berat suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih berat, lebih ringan).
  5. Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek).
  6. Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan gambar-gambar/benda konkrit.
  7. Menemukan bangun yang membentuk pola pengubinan sederhana.
  8. Menentukan pola dari sebarisan bangun datar sederhana menggunakan benda-benda yang ada di alam sekitar.
  9. Mengenal panjang, luas, massa, kapasitas, waktu, dan suhu.
  10. Menunjukkan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20.
  11. Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya.
  12. Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana.

Kompetensi Inti 4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar 4:

  1. Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
  2. Membentuk berbagai bangun datar dengan menggunakan papan berpaku atau media lainnya.
  3. Menyatakan suatu bilangan asli sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
  4. Melakukan pengubinan dari bangun datar sederhana tertentu.
  5. Membentuk dan menggambar bangun baru dari bangun-bangun datar atau pola bangun datar yang sudah ada.
  6. Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf.
  7. Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menampilkan data menggunakan grafik konkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal.
  8. Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
  9. Mengelompokkan teman sekelas berdasarkan tinggi badannya.
  10. Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang.
  11. Menggunakan benda konkrit untuk menelusuri pecahan dan jumlah uang.

Kelas II

Kompetensi Inti 1:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

Kompetensi Dasar 2:
  1. Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan sesuai secara efektif dengan memperhatikan nilai tempat ratusan, puluhan dan satuan.
  2. Menunjukkan perilaku peduli pada orang lain dengan cara mengelola penggunaan uang saku untuk kepentingan konsumsi, menabung dan beramal.
  3. Menunjukkan perilaku adil dalam membagikan sejumlah benda kepada beberapa orang dalam menerapkan konsep pembagian.
  4. Menunjukkan perilaku disiplin tepat waktu dalam melakukan suatu aktivitas di sekolah dengan memperhatikan alat ukur waktu.
  5. Menunjukkan perilaku rapi dan teratur dalam menggambar dan menata benda-benda sesuai dengan pola-pola perulangan geometri yang ditemui di dalam kelas, sekolah, atau lingkungan.
  6. Menunjukkan perilaku cermat dan jujur dalam mendata hasil pengukuran panjang atau berat suatu benda.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Mengenal bilangan asli sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan), pengelompokan dan benda-benda di sekitar rumah, sekolah, atau tempat bermain.
  2. Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada bilangan asli yang hasilnya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi menggunakan benda konkrit.
  3. Mengenal nilai tukar antar pecahan uang.
  4. Mengetahui ukuran lama waktu di kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan menggunakan satuan waktu.
  5. Mengetahui ukuran panjang dan berat benda, jarak suatu tempat di kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain mengunakan satuan tidak baku dan satuan baku.
  6. Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
  7. Menunjukkan pemahaman tentang konsep tentang kesamaan antara sepasang ekspresi, menggunakan benda konkrit, simbol, dan penambahan dan pengurangan hingga 18.
  8. Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan.
  9. Mengenal bangun datar dan bangun ruang, serta memilahkan dan mengelompokkan berdasarkan sifat geometrisnya.
  10. Mengenal ruas garis dan garis lurus.

Kompetensi Inti 4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar 4:
  1. Memecahkan masalah secara efektif dari masalah yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain dan memeriksa kebenarannya.
  2. Mengurai unsur-unsur bangun ruang sederhana dari benda-benda di sekitar.
  3. Menggunakan strategi menaksir dalam melakukan perhitungan dan memecahkan masalah yang menggunakan satuan, puluhan, dan ratusan.
  4. Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 500 sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian dua buah bilangan asli lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
  5. Mendemostrasikan berbagai penukaran uang di depan kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban.
  6. Menceritakan lokasi objek yang berkaitan dan representasi objek pada sebuah peta.
  7. Merepresentasikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang, serta menemukan pola dasar.
  8. Memprediksi pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan-bilangan yang kurang dari 100.
  9. Mengumpulkan dan memilah data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan grafik konkrit dan piktograf.
  10. Membaca dan mendeskripsikan data yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf.
  11. Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang atau berat.

Kelas III

Kompetensi Inti 1:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.


Kompetensi Dasar 2:
  1. Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti aturan dalam melakukan penjumlahan dan pengurangan, perkalian dan pembagian bilangan asli, bilangan bulat dan pecahan dengan memperhatikan nilai tempat ribuan, ratusan, puluhan dan satuan.
  2. Menunjukkan perilaku teliti dan rapi dengan menata benda-benda di sekitar dengan cara melipat rapi dengan memperhatikan simetri lipatnya.
  3. Menunjukkan perilaku adil dalam membagikan satu potong atau beberapa potong kue, buah dan sejenisnya kepada sejumlah orang dalam menerapkan konsep pecahan.
  4. Menunjukkan perilaku disiplin dan tepat waktu datang ke sekolah dengan memperhatikan alat ukur waktu.
  5. Menunjukkan perilaku cermat dan teliti dalam mentabulasi hasil pengukuran tinggi badan teman sekelas.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan asli melalui pengamatan pola penjumlahan dan perkalian.
  2. Memahami letak bilangan pada garis bilangan.
  3. Memahami konsep pecahan sederhana menggunakan benda-benda yang konkrit/gambar, serta menentukan nilai terkecil dan terbesar.
  4. Menemukan sifat simetri bangun datar (melalui kegiatan menggunting dan melipat atau cara lainnya), simetri putar dan pencerminan menggunakan benda-benda konkrit.
  5. Menemukan unsur dan sifat bangun datar sederhana berdasarkan pengamatan.
  6. Mengetahui perbandingan data menggunakan tabel, grafik batang, dan grafik kue serabi.
  7. Mengenal hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  8. Menentukan strategi pemecahan masalah dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah uang.
  9. Memahami keliling segitiga dan persegi panjang menggunakan benda konkrit (benang, tali, batang korek api, lidi dan berbagi benda yang dapat digunakan sebagai satu satuan luas).
  10. Mengenal dan membandingkan besar sudut bangun datar tanpa satuan baku.
  11. Menunjukkan pemahaman tentang konsep persamaan antara pasangan ekspresi, menggunakan penambahan dan pengurangan bilangan sampai dua angka.
  12. Mendeksripsikan hubungan antara dua bangun datar dan antara bangun ruang dan bangun datar.
  13. Mengenal pecahan dan bilangan desimal, serta dapat melakukan penambahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama.
  14. Memahami penghitungan waktu berdasarkan data sehari-hari.

Kompetensi Inti 4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar 4:
  1. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda dan uang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain dan memeriksa kebenarannya serta menyatakan kalimat matematikanya dan mengemukakan dengan kalimat sendiri.
  2. Menunjukkan hasil rotasi dan pencerminan suatu bangun datar dengan menggunakan gambar.
  3. Menggambar berbagai bangun datar dengankeliling atau luas yang sama.
  4. Menaksir panjang, luas, dan berat suatu benda dan memilih satuan baku yang sesuai.
  5. Membentuk dan menggambar berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya.
  6. Mengumpulkan, mencatat, menata, dan menampilkan data menggunakan tabel dan grafik batang.
  7. Membuat tabel frekuensi sederhana berdasarkan tabulasi hasil pengukuran tinggi badan teman sekelas.
  8. Menyajikan pemecahan masalah yang terkait dengan penukaran nilai uang.
  9. Memperkirakan dan mengukur panjang, keliling, luas, kapasitas, massa, waktu, dan suhu menggunakan satuan baku dan tidak baku.
  10. Mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola dari berbagai pola numerik dan pola geometris.
  11. Membaca, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan data pokok yang ditampilkan pada bagan dan grafik, termasuk grafik batang vertikal dan horizontal.
  12. Mengumpulkan dan menata data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik, termasuk grafik batang vertikal dan horisontal dengan label terurut sesuai dengan grafik batang horizontal.
  13. Mengurai sebuah bilangan bulat sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan bulat lainnya dengan berbagai kemungkinan jawaban.
  14. Membuat dan mengambar berbagai bangun datar dengan kelililing atau luas yang telah ditentukan.
  15. Menghasilkan berbagai bangun datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya.

Kelas IV

Kompetensi Inti 1:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.

Kompetensi Dasar 2:
  1. Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung campuran.
  2. Menunjukkan perilaku cermat dan teliti dalam melakukan tabulasi pengukuran panjang daundaun atau benda-benda lain menggunakan pembulatan (dinyatakan dalam cm terdekat.
  3. Menunjukkan perilaku adil dalam membagi suatu benda kepada teman sekelompok dengan rata-rata jumlah yang sama.
  4. Menunjukkan perilaku disiplin dan teratur dalam membuat dan mengikuti suatu jadwal kegiatan yang berulang dan efektif menggunakan prinsip KPK dalam kalender.
  5. Menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab menjaga kerapian dan kebersihan kelas berdasarkan jadwal berulang yang tepat menggunakan prinsip KPK dalam kalender (misal jadwal piket, Pramuka dll).
  6. Menunjukkan perilaku peduli dengan cara memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah sekolah atau tempat bermain untuk membuat benda-benda berbentuk kubus dan balok bangun berdasarkan jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Mengenal konsep pecahan senilai dan melakukan operasi hitung pecahan menggunakan benda kongkrit/gambar.
  2. Menerapkan penaksiran dalam melakukan penjumlahan, perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperkirakan hasil perhitungan.
  3. Memahami aturan pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur
  4. Memahami faktor dan kelipatan bilangan serta bilangan prima.
  5. Menemukan bangun segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk pola pengubinan melalui pengamatan.
  6. Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda.
  7. Menentukan kelipatan persekutuan dua buah bilangan dan menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK).
  8. Menentukan faktor persekutuan dua buah bilangan dan faktor persekutuan terbesar (FPB).
  9. Memahami luas segitiga, persegi panjang, dan persegi.
  10. Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang.
  11. Menunjukkan pemahaman persamaan antara sepasang ekspresi menggunakan penambahan, pengurangan, dan perkalian.
  12. Mengenal sifat dari garis parallel.
  13. Memahami pecahan senilai dan operasi hitung pecahan menggunakan benda kongkrit/gambar.
  14. Memahami penambahan dan pengurangan bilangan decimal.
  15. Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
  16. Memahami pola penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan.
  17. Memahami konsep bilangan negatif menggunakan hal-hal yang konkrit dan garis bilangan.

Kompetensi Inti 4:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 4:
  1. Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika dan memecahkan masalah dengan efektif permasalahan yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
  2. Melakukan pengubinan menggunakan segibanyak beraturan tertentu.
  3. Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen.
  4. Mengurai dan menyusun kembali jaring-jaring bangun ruang sederhana.
  5. Membentuk jaring-jaring bangun ruang yang berbeda dengan jaring bangun ruang yang sudah ada.
  6. Membuat benda-benda berdasarkan jaringjaring bangun ruang yang ditemukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah sekolah atau tempat bermain.
  7. Menyatakan kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik.
  8. Membuat peta posisi suatu tempat/benda tanpa menggunakan skala dengan memperhatikan arah mata angin.
  9. Mengumpulkan dan menata data diskrit dan menampilkan data menggunakan bagan dan grafik termasuk grafik batang ganda, diagram garis, dan diagram lingkaran.
  10. Mengembangkan, dan membuat berbagai pola numerik dan geometris.
  11. Membuat prediksi yang berhubungan dengan pola dan menelusuri pola yang berulang dengan menggunakan pencerminan dan rotasi.
  12. Mengurai dan menyusun kembali jaring-jaring bangun ruang sederhana.
  13. Mengurai sebuah pecahan menjadi sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan lainnya dengan berbagi kemungkinan jawaban.
  14. Menyajikan hasil pengukuran panjang atau berat berdasarkan pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
  15. Mengidentifikasi dan mendeskripsikan lokasi objek menggunakan peta grid dan melalui percerminan.
  16. Merepresentasikan sudut lancip dan sudut tumpul dalam bangun datar.
  17. Menggabung sudut bagian dalam segitiga dan segi empat untuk menarik kesimpulan.

Kelas V

Kompetensi Inti 1:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air.

Kompetensi Dasar 2:
  1. Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam mencari akar bilangan sederhana.
  2. Menghargai pendapat atau gagasan teman tentang usulan memecahkan masalah, penyajian data atau pekerjaan matematika lainnya.
  3. Menunjukkan perilaku adil dalam membuat pola pergeseran tempat duduk secara bergiliran dengan menggunakan gambar denah tempat duduk di kelas.
  4. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin dan bertanggung jawab dalam melakukan pengumpulan data, pengolahan data, dan melaporkan hasil pengamatan.
  5. Menunjukkan perilaku jujur dalam melaporkan hasil pengamatan/melakukan percobaan menemukan hubungan keliling, luas dan diameter lingkaran dengan apa adanya.
  6. Menunjukkan prilaku disiplin tepat waktu dengan berdasar pada pengelolaan waktu untuk pergi ke tempat tertentu dengan mempertimbangkan kondisi lalu lintas, jarak, dan kecepatan.
  7. Menunjukkan perilaku cermat dalam mendata jarak dan waktu yang diperlukan oleh tiap teman sekelas dari rumah masing-masing ke sekolah.
  8. Menunjukkan perilaku teliti dan cermat dalam mengambil keputusan yang berkaitan dengan pengeluaran uang.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana.
  2. Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melakukan perkailan dan pembagian.
  3. Mengenal konsep perbandingan dan skala.
  4. Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat.
  5. Menentukan hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi).
  6. Memahami arti rata-rata, median dan modus dari sekumpulan data.
  7. Memilih prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
  8. Menemukan rumus keliling dan luas lingkaran melalui suatu percobaan.
  9. Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal.
  10. Memahami konsep frekuensi relatif melalui percobaan dan tabel.

Kompetensi Inti 4:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 4:
  1. Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menyatakan kalimat matematika, dan memilih kalimat matematika yang tepat dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala dan hubungan antar kuantitas yang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta memeriksa kebenarannya.
  2. Mencatat jarak dan waktu tempuh berbagai benda yang bergerak ke dalam tabel untuk memahami konsep kecepatan sebagai hasil bagi antara jarak dan waktu dan menggunakannya dalam penyelesaian masalah.
  3. Mengumpulkan, menata, membandingkan, dan menyajikan data cacahan dan ukuran menggunakan tabel, grafik batang piktogram, dan diagram lingkaran (grafik kue serabi).
  4. Melakukan percobaan dan melaporkan hasilnya untuk menemukan keliling dan luas lingkaran serta menemukan rumus keliling dan luas lingkaran.
  5. Menggunakan kubus satuan untuk menghitung volume berbagai bangun ruang sederhana.
  6. Membuat kuesioner/lembar isian sederhana untuk mendapatkan informasi tertentu.
  7. Menyatakan kesimpulan berdasarkan data tabel atau grafik.
  8. Menggambar denah sederhana menggunakan skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan berbagai kemungkinan lintasan, serta menentukan letak objek berdasarkan arah mata angin.
  9. Mengukur besar sudut menggunakan busur derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya.
  10. Menyajikan hubungan ekspresi dalam koordinat dan grafik.
  11. Membentuk berbagai bangun ruang yang volumenya sudah ditentukan.
  12. Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagaikemungkinan jawaban.
  13. Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian dan satu atau dua angka.
  14. Menemukan luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak.
  15. Menentukan nilai simbol yang tidak diketahui dalam suatu persamaan.
  16. Menunjukkan kesetaraan menggunakan perkalian atau pembagian dengan jumlah nilai yang tidak diketahui pada kedua sisi.



Kelas VI

Kompetensi Inti 1:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air.

Kompetensi Dasar 2:
  1. Menunjukkan perilaku patuh, tertib dan mengikuti prosedur dalam melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan.
  2. Menghargai pendapat atau gagasan teman mengenai hasil kerjanya dan usulan memecahkan masalah, penyajian data atau pekerjaan matematika lainnya.
  3. Menunjukkan perilaku teliti dan cermat dalam mengumpulkan dan mengolah data pengamatan.
  4. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin dan bertanggung jawab dalam melakukan pengumpulan data, pengolahan data, dan melaporkan hasil pengamatan.
  5. Mengisi secara jujur lembar isian data sederhana yang berkaitan dengan identitas diri, hasil mengukur/mencacah.
  6. Menunjukkan perilaku teliti dan rapi dalam mengukur dan melaporkan besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain.
  7. Menunjukkan perilaku jujur dalam melaporkan data yang diperoleh berdasarkan hasil survey.



Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Memahami operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen).
  2. Menentukan besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan tidak baku dan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam.
  3. Memahami cara menghitung nilai rata-rata, median, dan modus menggunakan statistik sederhana.
  4. Membandingkan tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan data berbeda, tetapi sejenis.
  5. Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh berdasarkan beberapa jenis data saling terkait yang diolah menggunakan tabel dan grafik.
  6. Menentukan prosedur pemecahan masalah dengan menganalisis hubungan antar simbol, informasi yang relevan, dan mengamati pola.
  7. Mengenal unsur-unsur lingkaran.
  8. Mengenal diagonal ruang dan diagonal sisi dalam bangun ruang sederhana.
  9. Memilahkan poligon oleh garis simetri dan dengan simetri rotasi.
  10. Memahami dan melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen).
  11. Memahami kuesioner/lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapatkan informasi tertentu.
  12. Memahami perbandingan senilai dan perbandingan terbalik.
  13. Membandingkan dan memaknai tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan data berbeda, tetapi sejenis.
  14. Memahami juring, kesamaan busur, prisma, silinder, piramida, dan kerucut untuk memecahkan masalah sederhana.


Kompetensi Inti 4:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 4:
  1. Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menentukan kalimat matematika yang sesuai dan solusi dari masalah yang berkaitan dengan operasi hitung, bangun ruang dan data yang terkait dengan aktivitas sehari-hari di rumah, sekolah, atau tempat bermain serta membuktikan kebenaran atau masuk akalnya jawaban.
  2. Membuat garis-garis dengan bantuan benang yang menghubungkan dua buah titik sudut dalam kubus atau balok dan menemukan bangun datar baru yang bisa dibentuk oleh benang-benang tersebut dan menggambarkannya dalam bentuk sketsa.
  3. Membentuk/menggambar bangun datar gabungan sederhana serta menghitung luasnya.
  4. Membentuk/menggambar bangun ruang gabungan sederhana serta menghitung volumenya.
  5. Mengamati pola atau melakukan percobaan untuk menemukan jumlah sudut segi tiga dan segi empat.
  6. Menggunakan data statistik hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian.
  7. Mengumpulkan data menggunakan kuesioner sederhana, mengolah, dan memaparkan data dalam bentuk tabel dan grafik yang sesuai.
  8. Menyatakan kesimpulan berdasarkan data hasil pengamatan yang diolah menggunakan statistik sederhana, tabel, dan grafik.
  9. Mengukur besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan tempat bermain dengan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam.
  10. Menghitung luas permukaan prisma dan silinder.
  11. Menggambar plotting titik-titik di kuadran pertama.
  12. Menggunakan juring, kesamaan busur, prisma, silinder, piramida, dan kerucut untuk memecahkan masalah sederhana.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar