Selasa, 09 Juli 2013

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Budha dan Budi Pekerti Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidayah

Kelas I

Kompetensi Inti 1:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:
  1. Berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Menerima keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Kompetensi Inti 2:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

Kompetensi Dasar 2:
  1. Memiliki sikap hormat dan salam dalam keluarga, sekolah, dan teman bermain.
  2. Menumbuhkan sifat-sifat ketuhanan dan cara Buddha menyelamatkan makhluk hidup.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

Kompetensi Dasar 3:

  1. Mengenali tempat ibadah, rohaniwan, kitab suci, hari raya dan Guru Agung Agama Buddha.
  2. Mengenali simbol-simbol agama Buddha.
  3. Mengetahui silsilah Pangeran Siddharta.


Kompetensi Inti 4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar 4:
  1. Menceritakan peristiwa mimpi Ratu Mahamaya dan kelahiran Pangeran Siddharta.
  2. Menceritakan peristiwa upacara pemberian nama Pangeran Siddharta.

Kelas II

Kompetensi Inti 1:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:
  1. Menerima kisah tentang kebijaksanaan.

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

Kompetensi Dasar 2:

  1. Mengembangkan sifat malu berbuat jahat dan takut akibat berbuat jahat sebagai landasan kemoralan.
  2. Memiliki sikap sopan santun dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Menceritakan peristiwa membajak sawah.
  2. Membedakan perbuatan baik dan buruk.

Kompetensi Inti 4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar 4:
  1. Menerapkan kisah tentang kejujuran.
  2. Melaksanakan macam-macam peraturan dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat.
  3. Meneladan kisah tentang persahabatan.
  4. Menerapkan kisah tentang kasih sayang.
  5. Menerapkan sifat-sifat luhur Pangeran Siddharta pada masa kanak-kanak.

Kelas III

Kompetensi Inti 1:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:
  1. Mengamalkan hari-hari raya agama Buddha

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.

Kompetensi Dasar 2:
  1. Meneladan tokoh yang berkisahkan pengorbanan.
  2. Menghayati Pancasila Buddhis dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Menguraikan manfaat melaksanakan dan akibat melanggar Pancasila Buddhis.
  2. Menjelaskan lima pengorbanan Boddhisattva.
  3. Menguraikan manfaat merayakan hari-hari raya agama Buddha.


Kompetensi Inti 4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar 4:
  1. Menceritakan sejarah Pangeran Siddharta pada masa bersekolah.
  2. Menceritakan semangat belajar Pangeran Siddharta.
  3. Melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab anak terhadap orangtua.
  4. Melaksanakan kewajiban dan tenggung jawab peserta didik terhadap guru.

Kelas IV

Kompetensi Inti 1:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:
  1. Membiasakan diri untuk selalu melakukan puja bakti setiap hari.

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.

Kompetensi Dasar 2:
  1. Memiliki Dharma yang membuat seseorang menjadi lemah lembut dan baik hati.
  2. Menunjukkan pertolongan tanpa pamrih dan berterima kasih kepada orang yang telah memberikan pertolongan.
  3. Mengakui kesalahan, memperbaiki diri, meminta dan memberi maaf.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Menjelaskan makna, tujuan, dan manfaat melaksanakan puja bakti.
  2. Mendeskripsikan candi-candi agama Buddha di Indonesia.
  3. Mengidentifikasi candi-candi yang digunakan dalam upacara Waisak dan upaya pelestariannya.

Kompetensi Inti 4:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 4:
  1. Mengungkapkan kembali peristiwa masa remaja dan masa berumah tangga Pangeran Siddharta.
  2. Menceritakan empat peristiwa yang dilihat Pangeran Siddharta.
  3. Menceritakan peristiwa Pelepasan Agung Pangeran Siddharta.

Kelas V

Kompetensi Inti 1:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:
  1. Menerima Hukum Kebenaran yang diajarkan Buddha.
  2. Menerima konsep Hukum Karma dan Kelahiran Kembali.

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air.

Kompetensi Dasar 2:
  1. Memiliki sifat kemurahan hati dalam kehidupan sehari-hari sebagai wujud kepedulian sosial.
  2. Menunjukkan sikap yang tepat saat merawat dan mendoakan orang sakit.
  3. Menunjukkan cara melatih diri untuk menjaga pikiran ketika sedang sakit.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Menjelaskan hakikat dan perbedaan kehidupan menurut hukum kebenaran


Kompetensi Inti 4:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 4:
  1. Menceritakan masa Petapa Gotama berguru.
  2. Menyajikan cerita peristiwa Petapa Gotama menyiksa diri.
  3. Menceritakan peristiwa Petapa Gotama digoda oleh mara dan sepuluh bala tentaranya.
  4. Menerapkan cara-cara berdana yang baik dan benar sesuai ajaran Buddha.

Kelas VI

Kompetensi Inti 1:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:
  1. Menerima konsep meditasi dalam kegiatan sehari-hari.

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air.

Kompetensi Dasar 2:
  1. Menunjukkan perilaku luhur dan disiplin sebagai dasar untuk melatih meditasi.
  2. Menunjukkan sikap tenang dalam menghadapi persoalan sebagai hasil pelaksanaan meditasi pernafasan dan cinta kasih.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Mendeskripsikan tujuan akhir umat Buddha.
  2. Membedakan surga dengan tujuan akhir.

Kompetensi Inti 4:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 4:

  1. Menceritakan kisah perumpamaan tentang kisah “Rumah Terbakar”.
  2. Memaparkan kisah perumpamaan tentang Orang yang Luka Terkena Panah Beracun.
  3. Menceritakan kisah perumpamaan tentang “Kembalinya Anak yang Hilang”.
  4. Menguraikan lima mimpi Petapa Gotama dan perjumpaannya dengan Sujata.
  5. Menceritakan keajaiban-keajaiban saat Petapa Gotama mencapai Penerangan Sempurna. 
  6. Melakukan latihan meditasi pernafasan dan cinta kasih dengan benar.

Sumber: http://urip.files.wordpress.com/2013/02/kurikulum-2013-kompetensi-dasar-sd-ver-3-3-2013.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar