Selasa, 09 Juli 2013

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidayah

Kelas I

Kompetensi Inti 1:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:
  1. Memahami Allah sebagai pencipta yang Maha Baik.
  2. Memahami kisah kelahiran Yesus sebagai wujud kasih Allah yang Mahabaik dan memelihara.
  3. Memahami doa-doa harian sebagai ungkapan syukur kepada Allah.

Kompetensi Inti 2:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

Kompetensi Dasar 2:

  1. Mengenal identitas diri yang khas sebagai anugerah Allah dan mensyukurinya.


Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Memahami lingkungan rumah sebagai tempat bertumbuh dan berkembang.
  2. Memahami lingkungan sekolah sebagai tempat bertumbuh dan berkembang.



Kompetensi Inti 4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar 4:
  1. Mengenal anggota tubuh yang dimilikinya dan mensyukurinya sebagai karunia Allah.
  2. Berdoa sesuai dengan rumusan doa harian.


Kelas II

Kompetensi Inti 1:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:
  1. Mengenal karya keselamatan Allah yang dialami oleh tokoh-tokoh sebelum Yesus Kristus, seperti: Kain dan Habel, Nabi Nuh, Abraham, Esau dan Yakub.
  2. Meneladani tokoh-tokoh Perjanjian Baru dalam kisah kanak-kanak Yesus.



Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

Kompetensi Dasar 2:
  1. Mensyukuri kehadiran sanak saudara sebagai karunia Allah dalam memperkembangkan dirinya.
  2. Mensyukuri kehadiran teman sebagai karunia Allah dalam memperkembangkan dirinya.



Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Menyatakan iman kepada Allah melalui doa.
  2. Mengenal sikap-sikap doa dan maknanya.
  3. Memperagakan sikap-sikap doa.
  4. Mengenal tetangga sebagai pendukung pertumbuhan dan perkembangan dirinya.
  5. Menciptakan kerukunan dengan tetangga sebagai bentuk relasi kasih dengan sesama.



Kompetensi Inti 4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kelas III

Kompetensi Inti 1:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:


Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.

Kompetensi Dasar 2:

  1. Memahami bahwa dirinya mengalami pertumbuhan dan perkembangan dan mensyukurinya sebagai anugerah Allah.
  2. Menghargai bahwa dirinya memiliki kemampuan untuk membedakan perbuatan baik dan buruk.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

Kompetensi Dasar 3:

  1. Mengenal makna dan tata perayaan sakramen Baptis, Ekaristi dan Tobat sebagai tanda keselamatan Allah kepada manusia.
  2. Terlibat dalam kegiatan Gereja sebagai tanggapan atas karya keselamatan Allah.


Kompetensi Inti 4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar 4:
Mengenal tokoh- tokoh,budaya, dan kebiasaan masyarakat sebagai wujud karya keselamatan Allah.
Terlibat dalam kegiatan masyarakat sebagai perwujudan kesadaran dirinya yang merupakan bagian dari masyarakat.

Kelas IV

Kompetensi Inti 1:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:

  1. Memahami Allah yang setia pada janjiNya dengan memberikan Sepuluh Firman sebagai pedoman hidup.
  2. Memahami makna perumpamaan-perumpamaan dan mukjizat-mukjizat Yesus sebagai karya keselamatan Allah.


Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.

Kompetensi Dasar 2:

  1. Memahami kekhasan diri secara fisik sebagai anugerah Allah.
  2. Memahami kemampuan dan keterbatasan diri agar dapat memperkembangkan diri.


Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 3:

  1. Memahami Firman Allah yang melandasi relasi dengan orang tua.
  2. Memahami Firman Allah yang melandasi dalam relasi dengan sesama.


Kompetensi Inti 4:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 4:

  1. Memahami aneka doa dalam Gereja sebagai ungkapan iman kepada Allah.
  2. Berdoa secara spontan dalam doa pribadi dan doa bersama.

Kelas V

Kompetensi Inti 1:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:

  1. Meneladani tokoh-tokoh Perjanjian Lama dalam kisah Daud, Salomo dan Ester. 
  2. Memahami makna karya keselamatan Allah melalui peristiwa Yesus yang sengsara, wafat dan bangkit.

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air.

Kompetensi Dasar 2:

  1. Mengembangkan diri sebagai perempuan atau laki-laki seturut citra Allah.
  2. Menghargai sesama baik perempuan maupun laki-laki sebagai partner yang saling membutuhkan dan melengkapi.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 3:

  1. Memahami hidup baru dalam Rohkudus yang terungkap melalui doa-doa.
  2. Mewujudkan karya Rohkudus dalam kehidupan menggereja.

Kompetensi Inti 4:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 4:

  1. Memahami buah-buah Roh yang dibutuhkan demi pengembangan kehidupan bersama dalam masyarakat.
  2. Mewujudkan nilai-nilai kejujuran dan keadilan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai tanggapan atas karya Roh Kudus.


Kelas VI

Kompetensi Inti 1:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:

  1. Memahami karya keselamatan Allah melalui para nabi.
  2. Memahami karya keselamatan Allah melalui kata-kata, tindakan, dan pribadi Yesus Kristus.


Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air.

Kompetensi Dasar 2:

  1. Bangga menjadi warga negara Indonesia yang memiliki keanekaragaman sebagai karunia Allah.
  2. Memahami diri sebagai bagian warga dunia dan melibatkan diri dalam berbagai keprihatinan yang ada.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 3:

  1. Memahami ciri-ciri Gereja sebagai sakramen keselamatan bagi dunia.
  2. Melibatkan diri dalam karya pelayanan Gereja.


Kompetensi Inti 4:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 4:

  1. Memahami aneka tantangan zaman di tengah masyarakat.
  2. Menanggapi aneka tantangan zaman berdasarkan ajaran Gereja dan hati nurani.

Sumber: http://urip.files.wordpress.com/2013/02/kurikulum-2013-kompetensi-dasar-sd-ver-3-3-2013.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar