Selasa, 09 Juli 2013

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidayah

Kelas I

Kompetensi Inti 1:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:
  1. Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah belajar sebagai bentuk pemahaman terhadap Q.S. AlFatihah.
  2. Meyakini adanya Allah SWT yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang.
  3. Mensyukuri karunia dan pemberian sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas. 
  4. Terbiasa bersuci sebelum beribadah.
  5. Terbiasa membaca Basmalah setiap memulai aktivitas.

Kompetensi Inti 2:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

Kompetensi Dasar 2:
  1. Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman sifat “shiddiq” Rasulullah SAW.
  2. Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Luqman (31): 14.
  3. Memiliki perilaku hormat kepada sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36.
  4. Memiliki sikap pemaaf sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW.
  5. Memiliki sikap percaya diri sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ikhlas.
  6. Memiliki sikap yang baik ketika berbicara sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. AlBaqarah (2): 83.
  7. Memiliki perilaku rajin belajar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-‟Alaq (96): 1-5.
  8. Memiliki perilaku bersih badan, pakaian, barang-barang, dan tempat sebagai implementasi pemahaman makna bersuci.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Mengetahui keesaan Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
  2. Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq.
  3. Mengenal hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu.
  4. Mengenal hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat.
  5. Mengenal makna Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-Ashr.
  6. Mengenal tata cara shalat dan bacaannya.
  7. Mengenal doa sebelum dan sesudah wudhu.
  8. Mengenal makna doa sebelum dan sesudah makan.
  9. Mengetahui kisah keteladanan Nabi Shaleh a.s. 
  10. Mengetahui kisah keteladanan Nabi Luth a.s.
  11. Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
  12. Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ya„qub a.s.
  13. Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW.

Kompetensi Inti 4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar 4:
  1. Melafalkan huruf-huruf hijaiyyah dan harakatnya secara lengkap.
  2. Melafalkan Asmaul Husna: Ar-Rahman, ArRahim, Al-Malik.
  3. Melafalkan dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas .
  4. Melafalkan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas .
  5. Melafalkan doa sebelum dan sesudah belajar dengan benar dan jelas.
  6. Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Fatihah dan Q.S. Al-Ikhlas dengan benar dan jelas.
  7. Mencontohkan perilaku hormat dan patuh kepada orangtua dan guru.
  8. Mencontohkan perilaku saling menghormati antar sesama anggota keluarga.
  9. Mempraktikkan tata cara bersuci.
  10. Mencontohkan kegiatan agama yang dianutnya di sekitar rumahnya.
  11. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Adam a.s.
  12. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Idris a.s.
  13. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Nuh a.s.
  14. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Hud a.s.
  15. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW.
Kelas II

Kompetensi Inti 1:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:
  1. Terbiasa berwudhu sebelum shalat .
  2. Menunaikan shalat sebagai wujud dari pemahaman rukun Islam.
  3. Terbiasa berdoa sebelum dan sesudah makan.
  4. Meyakini adanya Allah SWT Yang Maha Mencipta segala yang ada di alam.

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

Kompetensi Dasar 2:
  1. Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 119.
  2. Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36.
  3. Memiliki perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. AlFatihah.
  4. Memiliki sikap kerja sama dan tolongmenolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2.
  5. Memiliki sikap berani bertanya sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nahl ayat 43.
  6. Memiliki sikap berlindung diri kepada Allah SWT sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nas.
  7. Memiliki perilaku disiplin sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-'Ashr.
  8. Memiliki perilaku hidup sehat dan peduli lingkungan sebagai implementasi dari pemahaman makna berwudhu.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Mengetahui keesaan Allah SWT Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, dan Maha Suci berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah .
  2. Mengenal makna Asmaul Husna: Al-Quddus, As-Salam, Al-Khaliq.
  3. Mengenal hadits yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu.
  4. Mengenal hadits yang terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat. 
  5. Mengenal makna Q.S. An-Nas dan Q.S. Al-‘Ashr.
  6. Mengenal tata cara shalat dan bacaannya.
  7. Mengenal doa sebelum dan sesudah wudhu.
  8. Mengenal makna doa sebelum dan sesudah makan.
  9. Mengetahui kisah keteladanan Nabi Shaleh a.s. 
  10. Mengetahui kisah keteladanan Nabi Luth a.s.
  11. Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
  12. Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ya'qub a.s.
  13. Mengetahui kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW.
Kompetensi Inti 4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar 4:
  1. Melafalkan huruf hijaiyyah bersambung sesuai dengan makharijul huruf.
  2. Melafalkan Q.S. An-Nas dan Al 'Ashr dengan benar dan jelas .
  3. Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nas dan Al ‘Ashr dengan benar dan jelas.
  4. Mencontohkan perilaku kasih sayang kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Fatihah.
  5. Mencontohkan sikap kerja sama dan saling tolong menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah ayat 2.
  6. Mencontohkan perilaku hidup bersih dan sehat sebagai implementasi dari pemahaman makna hadits tentang kebersihan dan kesehatan.
  7. Mempraktikkan wudhu dan doanya dengan tertib dan benar.
  8. Memperaktikkan shalat dengan tata cara dan bacaan yang benar.
  9. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Shaleh a.s.
  10. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Luth a.s.
  11. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ishaq a.s.
  12. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ya‟qub a.s.
  13. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW.

Kelas III

Kompetensi Inti 1:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:
  1. Menunaikan shalat secara tertib sebagai wujud dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah (2): 3.
  2. Terbiasa berzikir dan berdoa setelah selesai shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. AlKautsar.
  3. Meyakini adanya Allah SWT Maha Mengetahui, Maha Melihat dan Maha Mendengar.

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.

Kompetensi Dasar 2:
  1. Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa ayat 135.
  2. Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 23.
  3. Memiliki perilaku peduli terhadap sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al Kautsar.
  4. Memiliki sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7.
  5. Memiliki sikap disiplin dan tertib sebagai implementasi pemahaman makna ibadah shalat.
  6. Memiliki perilaku tawadlu, Ihlas, dan tanggungjawab sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah dan Iradah.
  7. Memiliki sikap rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s.dan Nabi Ismail a.s.
  8. Memiliki sikap kerja keras sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-An'am ayat 132.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

Kompetensi Dasar 3:

  1. Mengetahui keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaanNya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah.
  2. Mengetahui makna Asmaul Husna: Al-Wahhab, Al-'Alim, As-Sami.
  3. Mengetahui hadits yang terkait dengan perilaku mandiri, percaya diri, dan tanggung jawab 
  4. Mengerti makna shalat sebagai wujud dari pemahaman Q.S. al-Kautsar.
  5. Mengerti makna zikir dan doa setelah shalat.
  6. Mengetahui hikmah ibadah shalat melalui pengamatan dan pengalaman di rumah dan sekolah.
  7. Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s.
  8. Mengetahui kisah keteladanan Nabi Syu„aib a.s. 
  9. Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s. (rasa ingin tahu, sabar, dan rela berkorban, hormat dan patuh kepada orangtua).
  10. Mengetahui sikap percaya diri dan kemandirian sebagai wujud dari keteladanan nabi.
Kompetensi Inti 4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar 4:
  1. Membaca kalimat-kalimat dalam Al-Quran dengan benar.
  2. Menulis huruf hijaiyyah dalam Al-Quran dengan benar.
  3. Menunjukkan hafalan Q.S. An-Nashr dan AlKautsar dengan lancar.
  4. Mencontohkan perilaku tawaduk, ikhlas, dan mohon pertolongan sebagai implementasi dari pemahaman sifat Allah Qiyamuhu binafsihi, wahdaniyat, Qudrah, dan Iradah.
  5. Mencontohkan perilaku peduli terhadap sesamasebagai implementasi dari pemahaman Q.S. AlKautsar.
  6. Mencontohkan sikap bersyukur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Ibrahim ayat 7.
  7. Mempraktikkan tata cara shalat, zikir, dan doa setelah shalat secara benar.
  8. Menceritakan pelaksanaan ibadah shalat di sekitar rumah dan sekolah.
  9. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yusuf a.s. 
  10. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Syu‟aib a.s.
  11. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ibrahim a.s. dan Nabi Ismail a.s.
  12. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW.

Kelas IV

Kompetensi Inti 1:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:
  1. Menerapkan ketentuan syariat Islam dalam bersuci dari hadats kecil dan hadats besar.
  2. Menunaikan shalat secara tertib sebagai wujud dari penghambaan diri kepada Allah SWT.
  3. Menerapkan kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat.
  4. Menghindari perilaku tercela sebagai implementasi dari pemahaman ibadah shalat.
  5. Meyakini keberadaan malaikat-malaikat Allah SWT.
  6. Meyakini adanya Rasul-Rasul Allah SWT.

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.

Kompetensi Dasar 2:
  1. Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S At-Taubah (9): 119.
  2. Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Lukman (31): 14.
  3. Memiliki sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hadiid (57): 9.
  4. Memiliki sikap yang dipengaruhi oleh keimanan kepada para malaikat Allah SWT yang tercermin dari perilaku kehidupan sehari-hari.
  5. Memiliki sikap gemar membaca sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-„Alaq (96): 1-5.
  6. Memiliki sikap amanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW.
  7. Memiliki sikap pantang menyerah sebagai implementasi dari kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
  8. Memiliki sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 37.
  9. Memiliki perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 27.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Mengetahui Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah.
  2. Mengerti makna iman kepada malaikat-malaikat Allah berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan alam sekitar.
  3. Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Bashir, Al-'Adil, Al-„Azhim.
  4. Memahami tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat Islam.
  5. Memahami makna bacaan sholat.
  6. Mengetahui kisah keteladan Nabi Ayyub a.s.
  7. Mengetahui kisah keteladan Nabi Dzulkifi a.s.
  8. Mengetahui kisah keteladan Nabi Harun a.s.
  9. Mengetahui kisah keteladan Nabi Musa a.s.
  10. Mengetahui kisah keteladan pahlawan dan waliwali Allah.
  11. Mengetahui sikap santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad SAW.

Kompetensi Inti 4:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 4:
  1. Membaca Q.S. Al Falaq, Al-Ma'un dan Al-Fil dengan tartil.
  2. Menulis kalimat-kalimat dalam Al Falaq, AlMa'un dan Al-Fil dengan benar.
  3. Menunjukkan hafalan Q.S. Al Falaq, Al Ma'un dan Al-Fil dengan lancar.
  4. Mencontohkan sikap santun dan menghargai teman, baik di rumah, sekolah, dan di masyarakat sekitar.
  5. Mencontohkan sikap rendah hati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 37.
  6. Mencontohkan perilaku hemat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra ayat 27.
  7. Memperaktikkan tata cara bersuci dari hadats kecil dan hadats besar sesuai ketentuan syariat Islam.
  8. Menceritakan pengalaman melaksanakan shalat di rumah, atau di masjid lingkungan sekitar rumah.
  9. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ayyub a.s.
  10. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dzulkifli a.s.
  11. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Harun a.s.
  12. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Musa a.s.
  13. Menceritakan kisah keteladanan pahlawan muslim dan wali-wali Allah.
Kelas V

Kompetensi Inti 1:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:
  1. Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
  2. Menyakini Al-Quran sebagai kitab suci terakhir dan menjadikannya sebagai pedoman hidup
  3. Menunaikan kewajiban puasa Ramadhan sebagai implementasi dari pemahaman rukun Islam.
  4. Menunaikan shalat tarawih dan tadarus AlQuran di bulan Ramadhan sebagai wujud ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya.

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air.

Kompetensi Dasar 2:
  1. Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.Al-Ahzab (33): 23.
  2. Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Baqarah ayat 83.
  3. Memiliki sikap suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ma'un.
  4. Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-'Ashr.
  5. Memiliki sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Az-Zumar ayat 18.
  6. Memiliki sikap sabar dan pengendalian diri sebagai implementasi dari pemahaman puasa Ramadhan.
  7. Memiliki sikap sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Furqon ayat 67.
  8. Memiliki sikap ikhlas sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Bayyinah ayat 5.
  9. Memiliki sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Mengenal nama-nama Rasul Allah dan Rasul Ulul Azmi.
  2. Memahami makna diturunkannya kitab-kitab suci melalui rasul-rasul-Nya sebagai implementasi rukun iman.
  3. Mengetahui makna Q.S. Al-Ma'un dan Q.S. AtTin dengan benar.
  4. Mengerti makna Asmaul Husna: Al-Mumit, AlHayy, Al-Qayum, Al-Ahad.
  5. Mengetahui hikmah puasa Ramadhan yang dapat membentuk akhlak mulia.
  6. Mengetahui kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
  7. Mengetahui kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
  8. Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
  9. Mengetahui kisah keteladanan Nabi Ilyasa' a.s.
  10. Mengetahui kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Quran.



Kompetensi Inti 4:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 4:
  1. Membaca Q.S. Al-Ma'un dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar.
  2. Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. Al-Ma'un dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar.
  3. Menunjukkan hafalan Q.S. Al-Ma'un dan Q.S. At-Tin dengan baik dan benar.
  4. Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. At Tin.
  5. Mencontohkan perilaku suka menolong sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ma'un.
  6. Mencontohkan sikap menghargai pendapat sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. AzZumar ayat 18.
  7. Mencontohkan sikap sederhana sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Furqon ayat 67.
  8. Mencontohkan sikap ikhlas sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. AlBayyinah ayat 5.
  9. Mencontohkan sikap tabligh sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladan Nabi Muhammad SAW.
  10. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dawud a.s.
  11. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Sulaiman a.s.
  12. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyas a.s.
  13. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Ilyasa' a.s.
  14. Menceritakan kisah keteladanan Luqman sebagaimana terdapat dalam Al-Quran.
Kelas VI

Kompetensi Inti 1:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:
  1. Terbiasa membaca Al-Quran dengan tartil.
  2. Meyakini adanya Hari Akhir sebagai implementasi dari pemahaman Rukun Iman.
  3. Menyakini adanya Qadha dan Qadar.
  4. Menunaikan kewajiban berzakat sebagaiimplementasi dari pemahaman rukun Islam.
  5. Terbiasa berinfaq sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 2.
  6. Terbiasa bersedekah sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 2.

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air.

Kompetensi Dasar 2:
  1. Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Ahzab (33): 70.
  2. Memiliki perilaku hormat dan patuh kepada orangtua, dan guru dan sesama anggota keluarga sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. An-Nisa (4): 36.
  3. Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi dari pemahaman isi kandungan Q.S. Al-Kafirun dan Q.S. AlMaidah (5):2.
  4. Memiliki sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. AlHujurat (49): 12.
  5. Memiliki perilaku hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49):13.
  6. Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Hari Akhir.
  7. Memiliki perilaku yang mencerminkan iman kepada Qadha dan Qadar.
  8. Memiliki sikap berserah diri kepada Allah SWT sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. AlAn'am (6):162-163.
  9. Memiliki sikap fathanah sebagai implementasi dari pemahaman kisah Nabi Muhammad SAW.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Mengetahui makna Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar.
  2. Mengerti makna Asmaul Husna: Ash-Shamad, Al-Muqtadir, Al-Muqadim, al-Baqi.
  3. Memahami hikmah beriman kepada Hari Akhir yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia.
  4. Memahami hikmah beriman kepada Qadha dan Qadar yang dapat membentuk perilaku akhlak mulia.
  5. Memahami hikmah zakat, infaq dan sedekah sebagai implementasi dari rukun Islam.
  6. Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
  7. Mengetahui kisah keteladanan Nabi Zakariya a.s.
  8. Mengetahui kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
  9. Mengetahui kisah keteladanan Nabi Isa a.s.
  10. Mengetahui kisah Nabi Muhammad SAW.
  11. Mengetahui kisah keteladanan sahabat-sahabat Nabi Muhammad SAW.
  12. Mengetahui kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Quran.



Kompetensi Inti 4:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 4:
  1. Membaca Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan jelas dan benar.
  2. Menulis Q.S. Al-Kafirun dan Al-Maidah (5): 2 dengan benar.
  3. Menyebutkan arti Q.S. Al-Kafirun dan AlMaidah (5): 2 dengan benar.
  4. Mencontohkan perilaku toleran dan simpati sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Kafirun dan Q.S. Al-Maidah (5): 2.
  5. Menunjukkan contoh Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman rukun Iman.
  6. Mencontohkan sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49): 12.
  7. Mencontohkan perilaku hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Hujurat (49): 13.
  8. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yunus a.s.
  9. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Dzakariya a.s.
  10. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Yahya a.s.
  11. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Isa.
  12. Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW.
  13. Menceritakan kisah keteladanan sahabatsahabat Nabi Muhammad SAW.
  14. Menceritakan kisah keteladanan Ashabul Kahfi sebagaimana terdapat dalam Al-Qur'an.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar