Selasa, 09 Juli 2013

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidayah

Kelas I

Kompetensi Inti 1:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:
  1. Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
  2. Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.

Kompetensi Inti 2:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

Kompetensi Dasar 2:
  1. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
  2. Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
  3. Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
  2. Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
  3. Mengenal keberagaman karateristik individu di rumah dan di sekolah.
  4. Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

Kompetensi Inti 4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar 4:
  1. Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila.
  2. Melaksanakan tata tertib di rumah dan sekolah.
  3. Mengamati dan menceriterakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
  4. Mengamati dan menceriterakan keberagaman karateristik individu di rumah dan sekolah.

Kelas II

Kompetensi Inti 1:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:
  1. Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciriciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
  2. Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

Kompetensi Dasar 2:
  1. Menunjukkan perilaku toleransi, kasih sayang, jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru sebagai perwujud an moral Pancasila.
  2. Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
  3. Menunjukkan perilaku toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara "Garuda Pancasila".
  2. Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
  3. Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah.
  4. Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

Kompetensi Inti 4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar 4:
  1. Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
  2. Melaksanakan tata tertib dan aturan di lingkungan keluarga dan sekolah.
  3. Berinteraksi dengan beragam teman di lingkungan rumah dan sekolah.
  4. Bermain peran tentang bersatu dalam keberagaman di lingkungan rumah dan sekolah.

Kelas III

Kompetensi Inti 1:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:
  1. Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciri-ciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
  2. Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.

Kompetensi Dasar 2:
  1. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
  2. Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
  3. Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
  2. Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
  3. Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat.
  4. Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.

Kompetensi Inti 4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar 4:

  1. Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
  2. Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
  3. Berinteraksi dengan beragam orang di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat.
  4. Mensimulasikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.


Kelas IV

Kompetensi Inti 1:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:
  1. Menerima keberagaman karakteristik individu dalam kehidupan beragama, suku bangsa, ciriciri fisik, psikis, dan hobby sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
  2. Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.

Kompetensi Dasar 2:
  1. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, kasih sayang, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf di rumah dan sekolah dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, sebagai perwujudan moral Pancasila.
  2. Menunjukkan perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
  3. Menunjukkan perilaku kerja sama dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Memahami simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
  2. Mengetahui hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
  3. Memahami makna keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat.
  4. Mengetahui arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.

Kompetensi Inti 4:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 4:
  1. Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkan dengan pemahamannya terhadap simbol sila-sila Pancasila.
  2. Melaksanakan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
  3. Berinteraksi dengan beragam orang di lingkungan rumah, sekolah, masyarakat.
  4. Mensimulasikan bentuk-bentuk kebersatuan dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.

Kelas V

Kompetensi Inti 1:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:
  1. Menghargai kebhinneka-tunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa, pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
  2. Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air.

Kompetensi Dasar 2:
  1. Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf sebagaimana dicontohkan tokoh penting yang berperan dalam perjuangan menentang penjajah hingga kemerdekaan Republik Indonesia sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
  2. Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
  3. Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sekolah dan masyarakat sekitar.
  4. Menunjukkan perilaku bersatu sebagai wujud keyakinan bahwa tempat tinggal dan lingkungannya sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Memahami makna dan keterkaiatan simbolsimbol sila Pancasila dalam memahami Pancasila secara utuh.
  2. Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan masyarakat.
  3. Memahami manfaat keberagaman karakteristik individu di rumah, sekolah dan masyarakat.
  4. Memahami arti bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat.
  5. Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa Hindu Buddha.
  6. Memahami keberagaman alam dan sumber daya di berbagai daerah.

Kompetensi Inti 4:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 4:
  1. Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dari sudut pandang kelima simbol Pancasila sebagai satu kesatuan yang utuh.
  2. Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.
  3. Bekerjasama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
  4. Mengelompokkan kesamaan identitas suku bangsa (pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, dan upacara adat), sosial ekonomi (jenis pekerjaan orang tua) di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.
  5. Mensimulasikan nilai-nilai persatuan pada masa Hindu Buddha dalam kehidupan di masyarakat.
  6. Memetakan keberagaman sumber daya alam di berbagai daerah untuk menumbuhkan kebanggaan nasional.

Kelas VI

Kompetensi Inti 1:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:
  1. Menghargai semangat kebhinnekatunggalikaan dan keragaman agama, suku bangsa pakaian tradisional, bahasa, rumah adat, makanan khas, upacara adat, sosial, dan ekonomi dalam kehidupan bermasyarakat.
  2. Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa.

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air.

Kompetensi Dasar 2:
  1. Menunjukkan perilaku, disiplin, tanggung jawab, percaya diri, berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan memberi maaf yang dijiwai keteladanan pahlawan kemerdekaan RI dalam semangat perjuangan, cinta tanah air, dan rela berkorban sebagai perwujudan nilai dan moral Pancasila.
  2. Menunjukkan perilaku sesuai hak dan kewajiban dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, hukum sebagai warganegara dalam kehidupan sehari-hari sesuai Pancasila dan UUD 1945.
  3. Menunjukkan penghargaan terhadap proses pengambilan keputusan atas dasar musyawarah mufakat.
  4. Menunjukkan perilaku cinta tanah air Indonesia dalam kehidupan di rumah, sekolah, dan masyarakat.


Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 3:
  1. Memahami nilai simbol-simbol Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
  2. Memahami hak kewajiban dan tanggungjawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, dan sekolah.
  3. Memahami keanekaragaman sosial, budaya dan ekonomi dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika di lingkungan rumah sekolah dan masyarakat.
  4. Memahami nilai-nilai persatuan dan kesatuan di rumah, sekolah dan masyarakat.
  5. Memahami Nilai-nilai Persatuan pada masa Islam.
  6. Memahami perlunya saling memenuhi keperluan hidup.

Kompetensi Inti 4:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 4:
  1. Memberikan contoh pelaksanaan nilai-nilai dan moral Pancasila dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat.
  2. Melaksanakan kewajiban menegakkan aturan dan menjaga ketertiban di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat.
  3. Melaporkan secara lisan dan tulisan keterlibatan kerja sama dengan anggota masyarakat yang beragam dalam melaksana kan kegiatan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat.
  4. Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam pemerintahan, wilayah, sosial, dan budaya.
  5. Menerapkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan pada masa penjajahan, pergerakan nasional dan kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari.
  6. Menyajikan realita keberagaman untk mendorong saling ketergantungan dalam membangun dan mengokohkan kehidupan kebangsaan.

Sumber: http://urip.files.wordpress.com/2013/02/kurikulum-2013-kompetensi-dasar-sd-ver-3-3-2013.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar