Selasa, 09 Juli 2013

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidayah

Kelas I

Kompetensi Inti 1:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:

  1. Meyakini bahwa orang tua adalah wali Tian bagi anaknya.
  2. Meyakini tanda-tanda gaib (Gan Shengmenjelang kelahiran Nabi Kongzi.

Kompetensi Inti 2:
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

Kompetensi Dasar 2:

  1. Mencontoh teladan Nabi Kongzi semasa kecil (rajin belajar, sikap hormat kepada Tian).
  2. Membiasakan berdoa pagi-sore, sebelum makan dan menjelang tidur.
  3. Menghormati orang tua sebagai wujud hormat kepada Tian.
  4. Membiasakan bersyukur dan berterima kasih terhadap pemberian yang diterima.


Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

Kompetensi Dasar 3:

  1. Menyebutkan istilah sebutan Tian dalam agama Khonghucu.
  2. Menunjukkan ciptaan-ciptaan Tian.
  3. Menceritakan keluarga Kong Shu Lianghe sebelum kelahiran Nabi Kongzi dan kekhusyukan ibu Yan Zhengzai dalam bersembahyang kehadirat Tian.
  4. Menyebutkan orang tua dan saudara Nabi Kongzi.
  5. Menceritakan kebiasaan Nabi Kongzi semasa kecil.
  6. Menjelaskan makna sikap Delapan Kebajikan (bade).
  7. Menyebutkan makna sembahyang dan doa.
  8. Menyebutkan sembahyang dan berdoa kepada Tuhan, Nabi, dan leluhur.
  9. Mengemukakan nilai- nilai penghormatan terhadap Tuhan, Nabi Kongzi, dan leluhur yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan.
  10. Memahami bahwa manusia diciptakan Tian melalui kedua orang tua.
  11. Menjelaskan manfaat segala ciptaan Tuha nbagi kehidupan manusia.


Kompetensi Inti 4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar 4:

  1. Menyanyikan lagu-lagu rohani yang berkaitan dengan kebesaran Tuhan, Nabi Kongzi dan kebajikan.
  2. Mempraktikkan sikap Delapan Kebajikan (bade) di lingkungan rumah dan sekolah.
  3. Menyanyikan lagu-lagu rohani yang berkaitan dengan kebesaran kepada Tuhan, Nabi Kongzi, dan leluhur.


Kelas II

Kompetensi Inti 1:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:

  1. Meyakini sikap mau mengalah adalah benih karunia Tian dalam diri manusia yang harus dikembangkan dalam kehidupan ini.

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.

Kompetensi Dasar 2:

  1. Bertutur kata santun dan jujur kepada saudara.
  2. Menunjukkan sikap hormat kepada guru .
  3. Menunjukkan sikap peduli dan menolong kepada teman.
  4. Menunjukkan sikap mau mengalah dan membantu kepada saudara dan orang yang lebih tua.
  5. Menunjukkan sikap tanggung jawab terhadap kebutuhan diri sendiri.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

Kompetensi Dasar 3:

  1. Meneladani sikap bakti, suka mengalah & menolong dari tokoh Rujiao.
  2. Memahami makna keluarga inti, tugas dan kewajiban masing-masing anggota keluarga.
  3. Menceritakan jasa-jasa orang tua dalam memberikan perawatan dan bimbingan.
  4. Memahami hubungan persaudaraan dengan keluarga besar ayah dan ibu.
  5. Mengemukakan nilai-nilai berkaitan dengan keteladanan Nabi Kongzi dan semangat belajar yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan.
  6. Mengetahui fungsi dan macam-macam dupa (xiang).
  7. Menjelaskan cara menggunakan dupa (xiangsesuai dengan keperluannya.
  8. Mengemukakan nilai-nilai berkaitan dengan keteladanan Nabi Kongzi dan semangat belajar terdapat dalam lagu yang dinyanyikan.


Kompetensi Inti 4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar 4:

  1. Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan keteladanan Nabi Kongzi dan semangat belajar 
  2. Melafalkan ayat-ayat suci dari kitab Si Shu
  3. Melakukan/mempraktekkan hormat dengan Bai (merangkap tangan) sesuai dengan tingkatan dan keperluaannya 
  4. Melakukan /mempraktekkan hormat dengan membungkukkan badan (Ju Gong)
  5. Melakukan /mempraktek-kan hormat dengan berlutut (Gui)
  6. Mendemonstrasikan sembahyang dengan menggunakan dupa (Xiang)


Kelas III

Kompetensi Inti 1:
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:

  1. Meyakini delapan keimanan sebagai landasan keimanan umat Khonghucu.
  2. Menyakini tanda-tanda khusus (gaib) menjelang wafat Nabi Kongzi.

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.

Kompetensi Dasar 2:

  1. Meneladani perilaku luhur Nabi Kongzi dalam kesehariannya.
  2. Meneladani kesukaan dan ketidaksukaan Nabi Kongzi.
  3. Meneladani perilaku luhur murid-murid Nabi Kongzi.
  4. Menunjukkan sikap menghargai waktu.
  5. Menunjukkan sikap lembut dan penuh perhitungan.

Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

Kompetensi Dasar 3:

  1. Menyebutkan poin-poin delapan keimanan.
  2. Menyebutkan perlengkapan yang ada pada altar di Litang/Miao.
  3. Mengidentifikasikan peralatan (piranti) yang ada pada altar.
  4. Menyebutkan fungsi dari setiap peralatan (Piranti) yang ada pada altar.
  5. Mengemukakan nilai-nilai keteladanan Nabi Kongzi yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan.
  6. Menceritakan murid-murid utama Nabi Kongzi (Yan Hui, Zi Lu, Zi Gong, Zheng Zi).
  7. Menceritakan masa kecil kehidupan Mengzi.
  8. Menyebutkan prinsip-prinsip moral yang ditegakkan kembali oleh Mengzi tentang Watak Sejati Manusia.


Kompetensi Inti 4:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar 4:

  1. Melafalkan poin-poin delapan pengakuan iman sesuai bahasa kitab.
  2. Menyusun peralatan dan perlengkapan sembahyang di altar.
  3. Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan kelahiran Nabi Kongzi, dan pedoman hidup.


Kelas IV

Kompetensi Inti 1:
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

Kompetensi Dasar 1:

  1. Meyakini Wahyu Tian yang diterima oleh para nabi dan raja suci.
  2. Meyakini bahwa nabi Kongzi adalah utusan Tian (Genta Rohani Tian).

Kompetensi Inti 2:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya.

Kompetensi Dasar 2:

  1. Menunjukkan perilaku sesuai dengan Delapan Kebajikan (Ba De).
  2. Menunjukkan semangat intropekasi dan memperbaiki diri.


Kompetensi Inti 3:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 3:

  1. Mengenal Raja Suci Tang Yao.
  2. Mengenal Raja Suci Yu Shun.
  3. Mengemukakan teladan Raja Suci Tang Yao dan Raja Suci Yu Shun.
  4. Menceritakan alasan Nabi Kongzi meninggalkan negeri Lu.
  5. Menjelaskan tujuan pengembaraan Nabi Kongzi.
  6. Mengetahui bentuk-bentuk visual kitab suci yang mendasari (Wu Jing).
  7. Menyebutkan bagian dari kitab suci yang mendasari (Wu Jing).
  8. Menjelaskan makna sikap Ba De.
  9. Mengemukakan nilai-nilai pedoman/tuntunan dan semangat hidup yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan.
  10. Menceritakan kisah nabi purba dan raja suci penerima Wahyu Tian dan karya-karya yang ditemukan-Nya.
  11. Mengemukakan nilai-nilai pedoman/ tuntunan dan semangat hidup yang terdapat dalam lagu yang dinyanyikan.
  12. Menjelaskan penting sikap dapat dipercaya dalam hidup.


Kompetensi Inti 4:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

Kompetensi Dasar 4:

  1. Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan pedoman/ tuntunan dan semangat hidup


    Kelas V

    Kompetensi Inti 1:
    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

    Kompetensi Dasar 1:

    1. Meyakini bahwa sembahyang adalah pokok dari agama.


    Kompetensi Inti 2:
    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air.

    Kompetensi Dasar 2:

    1. Menunjukkan sikap mencintai sesama.
    2. Menunjukkan pribadi yang luhur.



    Kompetensi Inti 3:
    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

    Kompetensi Dasar 3:

    1. Menceritakan kisah kebijaksanaan ibu Mengzi.
    2. Menceritakan kisah kebijaksanaan ibu Ouyang.Xiu.
    3. Menceritakan kebijaksanaan ibu Yue Fei.
    4. Menjelaskan nilai nilai peringatan hari raya persembahyangan kepada Tian dan leluhur.
    5. Mengenal Dong Zhong Shu.
    6. Mengemukakan nilai nilai sumbangsih pikiran Dong Zhong Shu.
    7. Mengenal Zhu Xi tokoh besar Neo Confucianisme.
    8. Mengemukakan nilai-nilai sumbangsih pikiran Zhu Xi.
    9. Menjelaskan tentang hari raya/ sembahyang Qing Ming.
    10. Menjelaskan tentang hari persaudaraan.
    11. Menjelaskan tentang hari raya Xin Chun (tahun baru Khongzi-li).
    12. Menjelaskan tentang sembahyang Jing Tian Gong.
    13. Menjelaskan tentang sembahyang Duan Yang.
    14. Menjelaskan tentang sembahyang Dong Zhi.
    15. Menjelaskan tentang sembahyang Zhong Qiu.
    16. Menjelaskan nilai-nilai persembahyangan kepada Tian dan Leluhur.
    17. Menjelaskan Nenek Moyang Nabi Kongzi dan keturunannya.
    18. Menjelaskan urutan pelaksanaan kebaktian di Litang/Kelenteng/Miao.



    Kompetensi Inti 4:
    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

    Kompetensi Dasar 4:
    1. Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan hari raya/sembahyang kepada Tuhan dan Leluhur

    Kelas VI

    Kompetensi Inti 1:
    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

    Kompetensi Dasar 1:

    1. Meyakini sifat-sifat Tian yang Yuan, Heng, LiZhen.


    Kompetensi Inti 2:
    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air.

    Kompetensi Dasar 2:

    1. Menunjukkan semangat belajar dalam keseharian.


    Kompetensi Inti 3:
    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

    Kompetensi Dasar 3:

    1. Menjelaskan konsep Tiga Dasar Kenyataan (Sancai).
    2. Menjelaskan hubungan/keterkaitan Tian, DiRen.
    3. Memahami Ren, Yi, Li, Zhi, sebagai perwujudan sifat Tian dalam diri manusia.
    4. Mengungkapkan nilai nilai yang berkaitan dengan kebesaran Tian dan pedoman/ tuntunan hidup.
    5. Menjelaskan ajaran empat pantangan (Si Wu).
    6. Menjelaskan ajaran lima mutiara kebajikan (Wu Chang).
    7. Menjelaskan ajaran Lima Hubungan Kemasyarakatan (Wu Lun).
    8. Menyebutkan ayat-ayat suci tentang belajar.
    9. Menjelaskan pentingnya mengamalkan ilmu yang dipelajari.
    10. Menjelaskan sejarah lahirnya organisasi/ kelembagaan Khonghucu di Indonesia.
    11. Menjelaskan sejarah dan perkembangan organisasi MATAKIN di Indonesia.
    12. Menjelaskan peran dan fungsi Dewan Rohaniwan MATAKIN.
    13. Menjelaskan tugas dan kewajiban seorang rohaniwan.
    14. Mengungkapkan nilai-nilai keteladanan yang terdapat dalam lagu MATAKIN yang dinyanyikan.
    15. Menjelaskan arti iman berdasarkan karakter huruf.
    16. Menyebutkan pengakuan iman yang pokok umat Khonghucu (Cheng Xin Zhi Zhi).


    Kompetensi Inti 4:
    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

    Kompetensi Dasar 4:

    1. Menyanyikan lagu-lagu berkaitan dengan kebesaran Tian dan pedoman/tuntunan hidup.
    2. Menyanyikan lagu-lagu yang berkaitan dengan berkaitan nilai dan Organisasi MATAKIN.
    3. Menyusun perlengkapan (piranti) pada altar kebaktian di Litang/Miao.

    Sumber: http://urip.files.wordpress.com/2013/02/kurikulum-2013-kompetensi-dasar-sd-ver-3-3-2013.pdf

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar